Blog.
Strategi Menaikkan Penjualan Online ala Custombox Indonesia 28 June 2021

Selama pandemi Covid-19, ada kecenderungan orang lebih memilih untuk berbelanja online ketimbang offline (datang langsung ke mal atau pusat perbelanjaan). Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pernah menyebut pada awal tahun 2021, ada peningkatan transaksi penjualan online sebesar 10-15% sejak awal pandemi, Maret 2020. Pernyataan Jokowi ini memang dibenarkan dari beberapa data survey yang ada, meski jumlah presentasenya berbeda-beda. Menurut hasil riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (LPEM FEB UI), sebesar 42,1% konsumen toko online melaporkan peningkatan pengeluaran saat pandemi.

Dari data tersebut, membuktikan bahwa pada penjualan online nyatanya memang ada kenaikan yang cukup signifikan. Ini ditunjang dengan masih cukup tingginya penularan Covid-19 di Indonesia. Dengan kondisi tersebut, kesempatan untuk menaikkan penjualan online produk Anda cukup terbuka lebar. Nah, untuk memanfaatkan kesempatan tersebut, ada baiknya Anda untuk menerapkan strategi atau tips dari Custombox Indonesia berikut ini;

1.     Adakan Promo/Diskon Menarik

Untuk menarik lebih banyak pembeli dan meningkatkan penjualan, promo atau diskon adalah salah satu cara terbaik. Anda bisa menerapkan diskon presentase atau potongan harga dengan langsung menyebut nominalnya. Misalkan, diskon Rp200 ribu untuk minimal pembelian Rp500 ribu, atau potongan harga langsung Rp50 ribu tanpa syarat. Bisa juga dengan minimal pembelian 2 pcs akan mendapatkan diskon 15% atau promo buy 1 get 1 free. Namun, perlu diingat diskon yang diterapkan jangan sampai membebani Anda atau malah merugikan, karena harganya justru jauh lebih rendah daripada harga pokok yang sudah dikeluarkan.

2.     Gratis Ongkir

Walaupun biasanya promo gratis ongkir lebih banyak diinisiasi oleh pihak ecommerce, tapi bagi Anda yang berjualan di media soaial bisa memilih alternatif promo gratis ongkir ini. Misalnya, ‘Gratis ongkir ke seluruh Indonesia!’. Ini bisa diterapkan jika Anda sudah memperhitungkan berapa biaya pengiriman yang akan Anda tanggung. Untuk mensiasatinya, biasanya penjual akan menaikkan harga terlebih dahulu. Selisih inilah yang nantinya digunakan untuk menutup biaya pengiriman.

3.     Packing berkualitas

Perlu dingat, review pembeli sangat penting. Mereka yang terpuaskan dengan produk Anda akan memberi komen positif di halaman online shop Anda. Mereka tak hanya menilai dari kualitas produk saja, tapi juga dari proses pengiriman dan packing produk. Kemasan produk sangat penting dalam memuaskan pelanggan pada penjualan online. Kemasan produk Anda rusak saat diterima, maka komen negatif pun akan menghiasi halaman review Anda. Jangan sampai ini terjadi! Gunakan kemasan berkualitas yang bisa melindungi produk Anda selama proses pengiriman yang membutuhkan waktu berhari-hari. Jangan coba-coba menggunakan kemasan kardus dengan harga miring tapi kualitasnya rendah. Lebih baik Anda menggunakan packaging berkualitas tinggi dan memberikan jaminan ketahanan produk, seperti Custombox Indonesia atau biasa disebut Custombox.id. Dijamin, konsumen Anda akan terpuaskan dengan packing buatan Custombox Indonesia.

 

GET IN TOUCH.
NEWSLETTER.

Get the latest information about our products and promo just by subscribing to our newsletter.

Copyright. 2021 Custombox Indonesia