Blog.
Pemilik Usaha Wajib Tahu Jenis-Jenis Kemasan 29 September 2022

Sebelum Anda memulai usaha, alangkah baiknya bila Anda paham jenis-jenis kemasan produk. Dengan begitu, Anda bisa memilih jenis kemasan mana yang cocok dan sesuai dengan karakteristik produk Anda. Custombox Indonesia atau Custombox.id merangkum beberapa jenis kemasan berikut ini; 


  1. Kemasan Primer

Yang dimaksud dengan kemasan primer adalah kemasan yang langsung bersinggungan dengan produk. Kemasan ini berfungsi sebagai wadah sekaligus pelindung produk dari kerusakan. Karena langsung bersinggungan dengan produk, maka kemasan primer tidak diperkenankan mengandung bahan-bahan kimiawi yang berbahaya. Apa lagi produk yang dikemasnya adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi langsung oleh konsumen. 


  1. Kemasan Sekunder

Kemasan sekunder adalah wadah kemasan untuk beberapa kemasan primer sekaligus. Biasanya kemasan ini berfungsi untuk melindungi kemasan primer dari kerusakan. Kemasan sekunder digunakan umumnya untuk proses pengiriman dalam jumlah banyak. Sehingga, konsumen akan menerima produk dengan kemasan primer tanpa adanya kerusakan. Contoh dari kemasan sekunder adalah kotak kayu atau container. 


  1. Kemasan Tersier 

Untuk beberapa keperluan khusus, dibutuhkan kemasan tersier. Kemasan ini ukurannya jauh lebih besar untuk melindungi kemasan sekunder dan primer. Biasanya, kemasan tersier digunakan untuk tujuan pengiriman jarak jauh, seperti ekspor atau impor antar negara. Bahan kemasan tersier jauh lebih keras dan kuat, karena kemasan ini adalah pelindung sempurna demi mencegah kerusakan.


GET IN TOUCH.
NEWSLETTER.

Get the latest information about our products and promo just by subscribing to our newsletter.

Copyright. 2021 Custombox Indonesia