Blog.
4 Jenis Packing Aman untuk Pengiriman Jarak Jauh 22 April 2022

Bila Anda rutin mengirimkan produk dagangan ke luar kota, maka Anda wajib tahu jenis packing mana saja yang paling aman. Kenapa harus aman? Karena packing ini paling vital dalam melindungi barang yang dikemasnya selama proses pengiriman. Terlebih lagi untuk pengiriman jarak jauh. Berikut adalah 4 jenis packing aman untuk pengiriman jarak jauh;

1.     Amplop atau Kertas

Packing amplop atau kertas cocok digunakan untuk membungkus barang berupa buku, majalah, dokumen, surat atau sejenisnya. Namun, perlu dipastikan pula ketebalan kertas pembungkus tersebut. Bila buku atau majalah yang dibungkus dan bobotnya cukup berat, maka sangat disarankan untuk menggunakan kertas pembungkus yang tebal.

Semakin tebal kertasnya, maka makin kuat menahan dan melindungi barang di dalamnya. Seperti kita ketahui bersama, kertas rentan robek, jadi Anda harus perhatikan betul sejauh mana kekuatan kertas tersebut membungkus barang.

2.     Plastik atau Bubble Wrap

Pembungkus berupa plastik atau bubble wrap sangat berguna sebagai pelindung aneka macam barang. Khusus bubble wrap, ia mampu melindungi barang dari benturan atau risiko terjatuh, berkat ketebalannya. Plastik pembungkus lebih melindungi bila terkena tetesan air dan sejenisnya. Namun, hampir di semua kurir pengiriman antarkota, biasanya mereka akan memberi tambahan plastik pembungkus.

Perlu diingat pula, plastik pembungkus pada akhirnya akan menjadi sampah plastik. Jadi, bila Anda sering-sering menggunakan sampah plastik, maka Anda berkontribusi dalam mencemari lingkungan. Alangkah baiknya, bila Anda ikut mengurangi penggunaan sampah plastik demi lingkungan sekitar. 

3.     Peti Kayu

Peti kayu sangat kuat dan kokoh. Ini sangat cocok bagi barang-barang berukuran besar dan sangat berat. Biasanya digunakan untuk membungkus atau mengemas kendaraan roda dua, seperti motor atau sepeda. Meski peti kayu sangat efektif dalam mengemas barang-barang besar dan berat, harganya cukup mahal.

Saat masuk ke kurir pun, biaya pengirimannya jadi lebih mahal. Sebab, bobot dari peti kayu tersebut menambah beban biaya pengiriman. Untuk barang-barang berukuran besar dan berat memang cocok, namun untuk barang-barang berukuran kecil dan sedang sebaiknya memilih jenis packing yang lain.

4.     Kardus

Box packing kardus adalah yang paling ideal dari semua jenis packing. Kenapa? Karena harga cukup terjangkau, cukup ringan tapi mampu memberikan perlindungan pada produk yang dikemasnya. Apa lagi bila Anda memilih bahan kardus berkualitas premium, seperti yang diproduksi di Custombox.id. Yang pasti, kualitas packing kardus akan lebih lagi.

Box packing kardus cocok digunakan untuk mengemas bermacam-macam barang dengan beragam ukuran, baik kecil, sedang maupun besar. Pasalnya, kardus pun terbagi berbagai jenis tergantung dari ukuran ketebalannya. Semakin tebal, maka makin kokoh dan kuat, cocok untuk mengemas barang berukuran besar sekaligus berbobot. Jika Anda memilih untuk menggunakan kotak packing berbahan kardus, pesan saja di Custombox.id, berkualitas dan terpercaya sejak belasan tahun lalu.  

GET IN TOUCH.
NEWSLETTER.

Get the latest information about our products and promo just by subscribing to our newsletter.

Copyright. 2021 Custombox Indonesia