Blog.
Mengenal Packaging Ramah Lingkungan 27 October 2021

Seiring dengan makin tingginya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, pola konsumsi mereka pun kian bergeser. Masyarakat kini tak lagi sembarangan dalam mengonsumsi atau membeli suatu produk. Ada tambahan pertimbangan lainnya, yakni apakah produk yang mereka beli akan berdampak pada kerusakan lingkungan.

Dengan adanya pergeseran pola konsumsi inilah, banyak produsen berbondong-bondong untuk mengedepankan imej ramah lingkungan atau eco-friendly pada produk yang mereka hasilkan. Entah itu, melalui bahan produk, proses produksi, hingga kemasan yang mereka pakai. Dengan mengusung nilai-nilai ramah lingkungan itulah, para produsen berharap dapat menarik hati konsumen yang telah banyak memiliki kesadaran lingkungan.

Salah satu langkah yang diambil oleh banyak perusahaan adalah dengan menggunakan kemasan eco-friendly atau ramah lingkungan. Yang dimaksud packaging ramah lingkungan adalah kemasan yang dibuat dan didesain agar tidak memberikan dampak buruk terhadap lingkungan. Kebanyakan dari para pemilik usaha memfokuskan pada bahan-bahan material kemasan tersebut.

Ada beberapa poin penting yang membuat sebuah kemasan bisa disebut ramah lingkungan. Pertama, packaging tersebut tidak menghasilkan karbon emisi dalam jumlah banyak. Nah, karbon emisi inilah yang menjadi penyebab pemanasan global dan perubahan iklim. Jadi, sebisa mungkin bahan atau proses produksi dari packaging ini tidak menyumbang penyebab kerusakan lingkungan tersebut.

Poin kedua, kemasan bisa disebut ramah lingkungan bila tidak menghasilkan limbah berlebih. Artinya, sampah yang dihasilkan oleh kemasan bekas tidak mengotori atau mencemari lingkungan. Kemasan ramah lingkungan pada dasarnya harus dapat didaur ulang atau digunakan kembali. Sehingga tidak menghasilkan sampah dalam jumlah berlebih.

Salah satu kemasan atau packaging yang tergolong ramah lingkungan dan memenuhi 2 poin di atas, tentu saja kemasan kardus. Kenapa bisa begitu? Karena di Custombox Indonesia atau biasa disebut Custombox.id, kemasan kardus dibuat dari bahan kertas daur ulang, bukan dari kertas baru hasil penebangan pohon. Sampah-sampah kertas yang sudah tidak terpakai lagi, diolah kembali hingga menghasilkan kardus berkualitas premium.

Selain itu, box-box buatan Custombox.id yang dikenal memiliki ketahanan dan kekuatan paling baik, dapat digunakan kembali untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, sebagai kotak penyimpanan untuk aneka jenis barang. Jadi, sampah yang dihasilkan pun minim karena sifatnya yang bisa digunakan kembali. Kalaupun dibuang dan menjadi sampah, kertas kardus mudah sekali terurai. Beda halnya dengan plastik yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai sempurna. Kertas, hanya butuh waktu singkat dalam hitungan minggu, akan hancur dan tidak mencemari lingkungan. Jadi, mari menarik hati konsumen dengan mengusung nilai ramah lingkungan!  

GET IN TOUCH.
NEWSLETTER.

Get the latest information about our products and promo just by subscribing to our newsletter.

Copyright. 2021 Custombox Indonesia