Blog.
Tingkatkan Harga Jual dengan Packaging Berkualitas 17 October 2021

Selain bertujuan untuk melindungi produk dan keperluan branding, packaging atau kemasan juga bisa Anda manfaatkan sebagai strategi dalam menaikkan harga jual. Loh kok bisa? Simak penjelasan di bawah ini.

Jadi, begini misalkan Anda memproduksi barang dengan harga Rp10.000 per produk. Itu sudah termasuk margin yang ingin dicapai. Namun, sebenarnya Anda berpeluang untuk mendapatkan margin yang lebih besar, jika Anda menggunakan packaging berkualitas baik. Misalnya, Anda memutuskan untuk mendesain kemasan dengan tampilan menarik dan berkualitas. Nah, biaya yang harus Anda keluarkan per kemasan adalah Rp3.000.

Namun, karena kemasan tersebut dari sisi tampilan sangat menarik dan tampak mewah, justru Anda bisa menaikkan harga produk Anda hingga Rp15.000 atau bahkan Rp18.000. Pasalnya, kemasan yang Anda gunakan tersebut ternyata justru menaikkan level branding produk Anda. Margin yang Anda dapatkan per produk yang terjual pun jadi lebih besar.

Gambaran tersebut membuktikan bahwa kemasan produk memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap harga dari produk itu sendiri. Bahkan, tanpa kita sadari kemasan juga akan menambah daya saing di pasar. Sederhananya, kemasan produk dapat memberikan imej positif terhadap produk. Terlebih lagi di zaman modern seperti sekarang ini di mana konsumen lebih kritis terhadap segala sesuatunya, termasuk atribut produk.

Sementara itu, kita sebagai pengusaha wajib menganggap packaging produk sebagai investasi. Sebab, dari packaging itulah pundi-pundi keuntungan yang lebih besar, bisa kita dapatkan. Dengan memandang packaging sebagai investasi, maka kita pun akan menganggap packaging bukanlah sebagai pengeluaran yang sia-sia. Melainkan modal yang bisa mendatangkan keuntungan di masa mendatang.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk merancang packaging produk, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan faktor daya tarik sebagai salah satu atribut penting dalam sebuah kemasan. Packaging yang menarik secara otomatis akan menjadi daya tarik bagi konsumen. Kenapa? Karena secara alamiah, manusia akan mementingkan apa yang terlihat pertama kali. Itulah yang disebut kesan pertama dari konsumen.

Jadi, mari tingkatkan harga jual produk Anda dengan menggunakan packaging atau kemasan berkualitas dan menarik. Bila Anda sedang mencari produsen kemasan produk berkualitas, percayakan saja kepada Custombox Indonesia atau biasa disebut Custombox.id. Sebab, Custombox.id berpengalaman selama puluhan tahun dalam bidang pengemasan produk. Soal kualitas, tak perlu dipertanyakan lagi. Mulai dari bahan kardus, hingga proses pencetakan, dilakukan dengan menggunakan mesin canggih dan para staf berpengalaman.  

GET IN TOUCH.
NEWSLETTER.

Get the latest information about our products and promo just by subscribing to our newsletter.

Copyright. 2021 Custombox Indonesia